NILAI UTAMA KARATER
NILAI | DESKRIPSI |
1. Religius | Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. |
2. Jujur | Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
3. Toleransi | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
4. Disiplin | Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
5. Kerja Keras | Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6. Kreatif | Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. |
7. Mandiri | Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
8. Demokratis | Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
9. Rasa Ingin Tahu | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10. Semangat Kebangsaan | Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11. Cinta Tanah Air | Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
12. Menghargai Prestasi | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. |
13. Bersahabat/ Komuniktif | Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
14. Cinta Damai | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
15. Gemar Membaca | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. |
16. Peduli Lingkungan | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. |
17. Peduli Sosial | Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. |
18. Tanggung-jawab | Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. |
NILAI KARAKTER UTAMA SETIAP MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran | Nilai Utama |
1. Pendidikan Agama | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, kesantunan, kedisiplinan, tanggung jawab, cinta ilmu, keingintahuan, percaya diri, menghargai keberagaman, kepatuhan terhadap aturan sosial, gaya hidup sehat, kesadaran akan hak dan kewajiban, kerja keras |
2. PKn | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, nasionalis, kepatuhan terhadap aturan sosial, menghargai keberagaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain |
3. Bahasa Indonesia | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, tanggung jawab, keingintahuan, kesantunan, nasionalis |
4. Matematika | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, berpikir logis, kritis, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, percaya diri |
5. IPS | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, nasionalis, menghargai keberagaman, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, kepedulian sosial dan lingkungan, berjiwa wirausaha, kerja keras |
6. IPA | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, keingintahuan, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, kejujuran, gaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, cinta ilmu, kecermatan dan ketelitian. |
7. Bahasa Inggris | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, menghargai keberagaman, kesantunan, percaya diri, kemandirian, kerjasama,kepatuhan pada aturan sosial |
8. Seni Budaya | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis,, menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, keingintahuan, kedisiplinan. |
9. Penjasorkes | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, gaya hidup sehat, kerja keras, kedisiplinan, percaya diri, kemandirian, menghargai karya dan prestasi orang lain |
10.TIK/ Keterampilan | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, kemandirian, tanggung jawab, dan menghargai karya orang lain |
11. Muatan Lokal | Kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis |
CONTOH PENJABARAN KARAKTER UTAMA
Nomor | Nilai/Karakter | Indikator |
1. | Keingintahuan | · Suka bertanya secara mendalam dan meluas · Membaca untuk menemukan informasi · Mengajukan pertanyaan |
2. | Berpikir logis | · Mampu menggunakan pikiran rasional untuk mengambil keputusan. |
3. | Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif | · Mampu menggunakan pikiran untuk menghasilkan ide asli. |
4. | Gaya hidup sehat | · Memiliki kegiatan positif untuk menjaga pola hidup sehat |
5. | Percaya diri | · Mampu menyampaikan ide atau melakukan sesuatu dengan yakin dan benar |
6. | Menghargai keberagaman | · Menghargai pendapat orang lain tanpa memperhatikan latar belakangnya atau tanpa memperhatikan perbedaan bentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama. |
7. | Kedisiplinan | · Mampu melakukan sesuatu secara berkelanjutan sesuai prosedur yang berlaku · Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu |
8. | Kemandirian | · Mampu melakukan kegiatan akademik secara sendiri |
9. | Tanggung jawab | · Berhati-hati saat bekerja dengan alat dan bahan. · Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur yang diberikan. · Mampu mencapai tujuan melalui kegiatan individual maupun kelompok |
10. | Cinta ilmu | · Mampu menjadi pebelajar sepanjang hayat |
11. | Ketelitian dan kecermatan | · Memiliki sikap hati-hati, seksama, dan teliti |
12. | Kesantunan | · Mampu berkomunikasi secara efisien dan efektif tanpa menyinggung perasaan orang lain. |
Nomor | Nilai/Karakter | Indikator |
13. | Kereligiusan | · Menggunakan fakta keteraturan fenomena alam sebagai rujukan membangun konsep, teori, atau hukum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME · Mengagumi kebesaran ciptaan Tuhan · Melakukan konservasi sumber daya alam · Selalu berdoa dalam melakukan usaha |
14. | Kejujuran | · Melakukan pengamatan sesuai prosedur ilmiah yang digunakan · Menyajikan data berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan · Menganalisis data sesuai kaidah ilmiah · Menarik kesimpulan hasil percobaan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan |
15. | Kecerdasan | · Mampu mengambil kesimpulan/keputusan secara cepat dan tepat berdasar hasil analisis yang telah dilakuakan · Mampu memilah dan menggunakan alat lab yang cocok untuk suatu kegiatan percobaan · Mampu memberikan solusi yang tepat |
16. | Ketangguhan | · Yakin dengan pendapatnya · Melakukan pengulangan pengamatan/eksperimen untuk mendapatkan data yang akurat |
17. | Demokratis | · Memiliki kebebasan bertindak yang bertanggungjawab dan kesamaan hak · Memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya · Melaksanakan pengamatan/eksperimen yang dibebankan · Memberikan beban tugas yang sama pada siswa pada saat pengamatan/eksperimen |
18. | Kepedulian | · Berbagi tugas dalam melaksanakan kegiatan eksperimen · Menggunakan alat lab sesuai prosedur keselamatan yang ada · Menaruh perhatian secara penuh pada aspek keselamatan dan kesehatan kerja di lab · Membantu temannya yang mengalami kesulitan/kecelakaan kerja di lab |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar